IGD dan SPGDT

Featured image

Instalasi Gawat Darurat (IGD)

IGD RSJPD Harapan Kita siaga dalam 24 jam per hari dan 7 hari per minggu dalam memberikan  pelayanan yang cepat, tepat dan profesional yang dilakukan oleh tim yang ahli di bidang  kegawatdaruratan  kardiovaskular yang melayani kegawatdaruratan kardiovaskular, dengan respon time dibawah 5 menit. Pasien ditangani oleh tenaga kesehatan yang handal dan profesional serta tersetifikasi.

Triase pasien dilaksanakan dengan tipe kegawatan berdasarkan prioritas, menggunakan zona hijau, kuning, merah dan biru.

Total tempat tidur adalah 15 tempat tidur dilengkapi dengan bed site monitor, echo, ventilator, IABP, auto pulse, ruangan mini kateterisasi, ruang transit infeksi, serta ambulance.

IGD RSJPD Harapan Kita menyediakan sarana dan fasilitas yang lengkap dan canggih, di dukung  tim kerja yang solid terdiri dari tenaga dokter spesialis dan perawat  profesional, serta pelayanan yang cepat tepat dengan sentuhan keramahan tersendiri, serta dukungan sarana dan fasilitas yang lengkap, canggih serta modern dan yang dilengkapi dengan pendukung layanan labotarorium, Radiologi serta Farmasi/Apotik yang siap melayanani selama 24 jam.

Instalasi gawat darurat jantung dan pembuluh darah menangani kegawatan antara lain :

  • Kegawatan pernafasan seperti edema paru akut, emboli paru, gangguan irama jantung, serangan jantung akut dan gagal nafas.
  • Kegawatan jantung seperti infark miokardiol akut, kardiogenik  syok temponade jantung, hipertensi emergensi.
  • Kegawatan pembuluh darah seperti diseksi aneurisma aorta akut dan emboli arteri atau vena.

SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)

Unit ini juga menyediakan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) yang berperan menanggulangi kegawatdaruratan baik kasus sehari-hari ataupun bencana. Sistem ini muncul dari fakta bahwa hampir 80% kasus STEMI dari rujukan rumah sakit tidak memperoleh reperfusi karena ketika pasien datang sudah terlambat untuk dilakukan tindakan. Dengan adanya sistem ini maka akan terbentuk jejaring  terintegrasi sehingga sebelum dilakukannya rujukan, kasus pasien gangguan jantung dapat terlebih dahulu dikonsultasikan dengan dokter spesialis di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita.

Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu memberikan pelayanan berbentuk evakuasi dan transportasi pasien khusus bagi pasien kardiovaskular dengan ambulan kardivaskular standar atau ambulan kardiovaskular intensif. Selain itu, adanya Pusat Bantuan Pelayanan Kegawatdaruratan atau call center emergency medical services sebagai host penanganan kegawatan kardiovaskular. Dengan adanya sistem ini memungkinkan pelayanan pengiriman EKG (tele EKG) yang dapat dikirim melalui faksimil, email, blackberry, atau langsung dengan direct line.  Adanya pengiriman EKG dapat memudahkan layanan konsultasi kegawatan kardiovaskular.  Hingga saat ini sistem rujukan kamar kosong hanya berlaku untuk rumah sakit pemerintah vertikal yang telah memiliki Hospital Information System di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Untuk informasi lebih lanjut, reservasi ambulan serta evakuasi medis dapat menghubungi kami di (021) 568-4085 – 568-4093 ext.1607

Untuk konsultasi kegawatan kardiovaskuler dapat menghubungi Direct Line (021) 568-2424