Peningkatan Kualitas SDM dan Organisasi Melalui Capacity Building

Peningkatan Kualitas SDM dan Organisasi Melalui Capacity Building

Dalam rangka peningkatkan kualitas serta pengembangan SDM dan Organisasi, setiap tahunnya Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) melakukan kegiatan berupa Capacity Building. Kegiatan yang dikemas untuk mensinergikan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku para pegawai ini diikuti oleh seluruh pegawai tanpa terkecuali. Jika biasanya kegiatan dilakukan di luar rumah sakit, tahun ini RSJPDHK memilih untuk melakukannya di lingkungan internal.

Harus disadari bahwa berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi. Dengan demikian, proses peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (character building) SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan. Dalam proses ini tentu dapat dilakukan dengan beragam cara, baik melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas, tugas belajar, dan outbond atau pola permainan, yang kesemuanya itu untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya. Oleh karenanya, pengembangan kapasitas sangat terkait dengan kemampuan SDM, kemampuan institusi, dan kemampuan sistem organisasi.

Kegiatan yang dilakukan pada akhir pekan ini, dibagi menjadi 8 batch, yaitu sejak Agustus hingga Oktober 2019, sehingga pelayanan tetap terus berjalan tanpa ada gangguan. Selain menerima materi dari para motivator, peserta juga mengikuti berbagai permainan menarik, dengan tetap disisipi praktek mencuci tangan dan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang memang telah menjadi kewajiban bagi seluruh pegawai untuk memahaminya.

Para pegawai berharap, kegiatan seperti ini terus diselenggarakan setiap tahunnya. Selain untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan mereka, kegiatan ini juga menjadi salah satu "ajang hiburan dan silaturahim" baginya. Sedangkan dari sisi manajemen, diharapkan dari kegiatan ini para pegawai kembali "fresh" dalam bersemangat bekerja lebih baik dan berkualitas. (NH/Humas)