Menuju Sistem Transplantasi Jantung: Asesmen Tim UCLA di RSJPDHK

Menuju Sistem Transplantasi Jantung: Asesmen Tim UCLA di RSJPDHK

Tiga hari berturut-turut RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita kedatangan tim University of California Los Angeles (UCLA) Health dalam rangka Asesmen Program Transplantasi Jantung yang sedang disiapkan oleh RSJPDHK. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 6-8 Juni 2023 ini bertujuan untuk melihat dan memperoleh bimbingan dari tim UCLA Health yang sebelumnya sudah memiliki sistem transplantasi jantung yang baik di negaranya.

Tim yang terdiri dari dr. Ali Nsair, Amer Fakhouri, MPH, Aaron Kaye, RN, BSN, CRRN, dan Alan Tran, MBA berkunjung sekaligus melaku kan pertemuan-pertemuan dengan unit-unit yang ada di RSJPDHK membahas kesiapan Tim Transplantasi Jantung RSJPDHK serta bertukar pikiran tentang sistem tranplantasi yang tengah berjalan di UCLA Health. Tentunya dengan harapan, RSJPDHK dapat belajar banyak tentang baik pembuatan serta penerapan sistem transplantasi jantung yang baik.

 

Tidak hanya itu, tim UCLA Health bersama delegasi RSJPDHK juga melakukan kunjungan ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk melihat regulasi yang berjalan di Indonesia dan bagaimana dapat mengadopsi sistem yang berjalan di negeri AS. Kemudian tim dan delegasi juga mengunjungi Komisi Akreditasi Rumah Sakit untuk mengetahui lebih detil standar akreditasi yang digunakan di Indonesia. Kedua kunjungan ini berjalan di hari kedua.

Di hari terakhir, tim dan delegasi melakukan berkunjung ke RS dr. Cipto Mangunkusumo untuk mengetahui program transplantasi ginjal dan liver yg sudah berjalan sejak lama serta kolaborasi dengan RSCM dalam pengembangan program transplantasi jantung di RSJPDHK. Melalui kedatangan tim UCLA Health diharapkan RSJPDHK mampu menggarap sistem tranplantasi jantung yang dapat diterapkan di RSJPDHK sesegera mungkin. (Mariana)