Wortel Baik Untuk Jantung?

Wortel Baik Untuk Jantung?

Penulis: dr. Fadhilla Umami

 

Siapa tak kenal wortel? Wortel merupakan jenis ubi-umbian yang sudah tidak asing lagi dan sering kita temukan. Wortel merupakan bentuk akar yang tertancap di tanah. Wortel memiliki sumber nurtrisi penting yang berguna bagi manusia menurut Sherry Tanumihardjo, Profesor Ilmu Nutrisi di University of Wisconsin-Madison. Wortel terkenal dengan adanya kandungan vitamin A yang terkandung di dalamnya, meskipun wortel memiliki berbagai nutrisi seperti vitamin B, Vitamin K, dan Kalium yang dapat meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh, jantung, paru-paru, dan mata.

Vitamin A terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan bentuknya yaitu vitamin A yang sudah dibentuk sebelumnya yang dapat ditemukan dalam produk hewani seperti produk susu dan jeroan dan provitamin A atau sering disebut kerotenoid yang umumnya berasal dari produk nabati. Tidak semua karotenoid dapat berubah menjadi vitamin A, namun karotenoid yang terkandung dalam wortel berwarna oren kebanyakan dapat diubah menjadi vitamin A, seperti karotenoid alfa dan beta. Vitamin A yang sudah terbentuk sebelumnya dapat menjadi racun dalam tubuh apabila berlebihan, sebaliknya provitamin A atau karotenoid akan diregulasi oleh tubuh untuk diubah menjadi vitamin A sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Menurut perhitungan Departemen Pertanian A.S., satu wortel mentah biasa yang memiliki berat sekitar 2 ons (atau 60 gram), mengandung sekitar 25 kalori dan dapat memenuhi hampir 72% kebutuhan vitamin A untuk wanita dewasa, serta sekitar 56% untuk pria dewasa. Wortel memiliki variasi warna yang berbeda. Setiap variasi warnanya memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda pula. Wortel ungu mengandung antosianin yang dapat meningkatkan kesehatan usus, kognisi, dan jantung. Wortel kuning mengandung lutein yang baik untuk kesehatan otak dan penglihatan. Sedangkan wortel merah mengandung lycopene yang juga terdapat pada tomat merah dan semangka, dan dapat menurunkan risiko stroke. Menurut Tanumihardjo, kemungkinan akan ada lebih banyak variasi wortel di masa depan. "Saat ini, kami sedang mengembangkan wortel ungu dengan pusat merah." Wortel juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan jantung. Menurut USDA, satu wortel mentah biasa dapat menyediakan 1,7 gram serat. Pedoman diet federal merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi 22-34 gram serat per hari, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

            Banyak manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalam wortel. Penyajian wortel menjadi salah satu yang mungkin akan ditanyakan agar nutrisi tidak hilang dengan cara penyajian yang salah. Tanumihardjo menyatakan bahwa nutrisi dalam wortel dapat ditemukan dalam keadaan segar atau beku, mentah atau dimasak. Memasak dapat memecah dinding sel dan melepaskan senyawa yang membantu meningkatkan rasa manis wortel. Namun beberapa penelitian telah membuktikan bahwa memasak wortel dapat meningkatkan kadar karotenoid yang tersedia. Penting untung diingat, jika mengonsumsi wortel mentah tanpa sumber lemak, maka anda tidak akan mendapatkan manfaat dari karotenoid tersebut. Karotenoid akan langsung masuk ke dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi wortel dalam salad dan menggunakan saus salad, maka Anda akan menyerap lebih banyak nutrisi. Jika Anda merebus wortel dan tidak memasaknya terlalu lama, serta menggunakan lemak dalam rebusan, Anda akan menyerap lebih banyak nutrisi. Disarankan untuk mengonsumsi wortel bersama sedikit keju. Hal yang sama berlaku untuk jus wortel. Membuat jus dapat memecahkan membran sel dan membantu membuat karotenoid lebih mudah diakses, tetapi harus tetap memastikan bahwa Anda mengonsumsi sedikit lemak pada saat yang sama ketika minum jus untuk menyerap nutrisi secara maksimal. Mengupas wortel dapat mengurangi sedikit kandungan serat, namun hal ini masih diperbolehkan. Wortel dapat dimasukan kedalam berbagai macam hidangan sehingga tidak sulit memadukannya dengan hidangan lain.

            Selain baik untuk mata wortel pun memiliki serat yang baik untuk jantung serta nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Membiasakan diri untuk menjalani gaya hidup sehat dengan memakan-makanan yang memiliki kandungan serat yang cukup dapat meningkatkan kualitas hidup. Penting juga untuk memilih makanan seimbang dengan kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak lupa berolah raga. Salam sehat!

 

Referensi:

Available at https://www.heart.org/en/news/2023/04/04/whats-up-with-carrots-lets-root-out-the-truth

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/front-view-fresh-carrot-juice-inside-long-glass-with-leaf-along-with-fresh-carrots-brown-desk_9598873.htm#query=carrot&position=28&from_view=search&track=sph