Renang untuk Kesehatan Jantung

Renang untuk Kesehatan Jantung

Penulis: dr. Benedictus Hanjaya Suwandi

 

 

Semua olahraga kardio yaitu aktivitas yang meningkatkan aktivitas pompa jantung dan membuat Anda berkeringat, dapat membantu melatih otot jantung Anda dan membuat Anda semakin kuat. Namun, di antara berbagai olahraga kardio yang ada, berenang merupakan salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Berikut adalah beberapa hal yang menjelaskan hal tersebut:

Berenang adalah aktivitas yang menggunakan seluruh tubuh, semua gaya berenang menggerakkan tangan dan kaki, serta menguatkan otot inti dan punggung Anda.

Saat Anda berada dalam air, Anda hampir tidak menopang beban berat badan Anda sendiri, sehingga aman untuk persendian, terutama untuk para lansia yang memiliki masalah pada persendian.

Berenang dapat menurunkan denyut jantung Anda melalui refleks tertentu, berenang secara rutin dapat membantu menurunkan laju kecepatan jantung berdetak dan mengurangi stres yang ditimbulkan pada jantung itu sendiri.

Selain jantung yang meningkat fungsinya, aliran darah dalam pembuluh darah juga dapat menjadi lebih efisien sehingga darah dapat dialirkan sampai ke ujung-ujung jaringan pada tubuh

Berenang juga dapat menurunkan stres emosional sehingga dapat membantu mendukung kesehatan jantung dan mencegah timbulnya faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan permasalahan pada jantung Anda

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat berenang apabila Anda memiliki beberapa kondisi terkait kesehatan jantung Anda:

Saat berenang, Anda biasanya tidak merasakan sedang beraktivitas berat karena berat badan Anda tertopang oleh air dan Anda tidak merasa panas dan berkeringat, maka sebaiknya Anda berenang dengan intensitas yang lebih rendah. Konsultasikan kepada dokter bila Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Apabila Anda baru saja menjalani operasi jantung, sebaiknya Anda menunggu 10-12 minggu sebelum berenang, untuk memastikan tulang dada dan otot dada Anda sudah pulih kembali, konsultasikan dengan dokter bedah atau dokter rehabilitasi jantung sebelum memulai berenang.

Semua jenis olahraga tentunya lebih baik untuk kesehatan jantung Anda daripada tidak sama sekali. Namun demikian, berenang mungkin dapat menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan fungsi jantung Anda juga kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.

 

Referensi:

Howley, EK. 4 Reasons Why Swimming is Great for Heart Health. https://www.usms.org/fitness-and-training/articles-and-videos/articles/4-reasons-why-swimming-is-great-for-heart-health

British Heart Foundation. How swimming can help you stay strong. https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/activity/swimming

Sumber gambar: freepik.com