Puasa Intermiten Mampu Lindungi Jantung dari Peradangan Berbahaya!

Puasa Intermiten Mampu Lindungi Jantung dari Peradangan Berbahaya!

Penulis:  dr. Faizah Khusnayain Wijayanti

 

Puasa intermiten adalah jenis pola makan yang melibatkan pergantian antara periode makan dan periode puasa secara teratur yang sekaligus melibatkan pembatasan waktu makan dan minum. Beberapa jenis puasa intermiten memperbolehkan makan dalam periode waktu tertentu, sementara jenis lainnya membatasi asupan makanan pada beberapa hari tertentu dalam seminggu. Tujuan dari puasa intermiten adalah untuk mencapai penurunan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Sebuah studi baru telah menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan yang berbahaya bagi jantung. Puasa intermiten  dapat meningkatkan protein penting yang mengontrol peradangan dan melindungi jantung. Pada studi ini untuk mencapai penurunan berat badan puasa intermiten melibatkan pembatasan waktu makan dan minum. Data dari sebuah studi klinis telah dianalisis, dimana para peserta diminta untuk berpuasa dua kali dalam seminggu dan hanya minum air selama 24 jam selama empat minggu pertama. Selanjutnya, pola ini dilanjutkan dengan melakukan puasa hanya sekali dalam seminggu selama 26 minggu.

Meskipun tidak menurunkan kolesterol jahat (LDL), puasa intermiten meningkatkan skor resistensi insulin yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Analisis baru menunjukkan bahwa puasa intermiten  tampaknya meningkatkan faktor risiko penyakit kardiovaskular dengan cara yang mirip dengan kelas obat SGLT-2 inhibitor untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan gagal jantung, yang juga meningkatkan kadar protein galectin-3 yang mengontrol peradangan.

Para peneliti menemukan bahwa peningkatan kadar galectin-3 terkait dengan skor yang lebih baik pada evaluasi resistensi insulin dan sindrom metabolik, yang dapat menjadi respons adaptif untuk mencegah penyakit kronis dengan mengurangi peradangan. Meskipun temuan ini dianggap awal, mereka menunjukkan potensi manfaat kesehatan yang signifikan dari puasa intermiten .

Menurut Jo Ann Carson, mantan ketua komite nutrisi AHA yang tidak terlibat dalam penelitian baru tersebut, temuan ini menunjukkan bahwa ada area yang perlu diteliti lebih lanjut. Namun, dia menekankan bahwa efek yang signifikan pada galectin-3 hanya muncul pada akhir periode studi selama 26 minggu, sehingga harus terus ada yang melakukan penelitian untuk mendapatkan manfaat. Kesimpulan dari penelitian ini terbatas karena uji klinis awalnya tidak dirancang untuk memeriksa tingkat galectin-3 atau dampaknya pada kesehatan jantung. Menurut Carson, pola puasa 24 jam hanya dengan minum air yang digunakan dalam studi tersebut mungkin tidak praktis bagi sebagian besar orang yang ingin menurunkan berat badan. Oleh karena itu, jika seseorang ingin menggunakan puasa intermiten  untuk menurunkan berat badan, Carson menyarankan untuk melakukan sesuatu yang lebih moderat, seperti puasa selama 12 hingga 16 jam. Dalam pola ini, seseorang dapat makan selama siang hari tetapi berhenti pada pukul 6 sore dan tidak makan lagi sampai pukul 8 atau 10 pagi keesokan harinya.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji berbagai rencana puasa intermiten dan kemungkinan manfaatnya dalam menurunkan berat badan serta meningkatkan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Sebagai contoh, Horne dan rekan-rekannya menemukan bahwa puasa intermiten  terkait dengan usia hidup yang lebih lama dan risiko yang lebih rendah untuk mengalami gagal jantung. Penelitian ini diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology pada tahun 2020. Sebuah penelitian terpisah pada tahun 2017 yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa rencana puasa alternatif yang memperbolehkan makanan terbatas pada beberapa hari dapat memiliki efektivitas yang sama dengan pembatasan kalori dalam menurunkan berat badan.

 

Sumber:

https://consumer.healthday.com/aha-news-intermittent-fasting-may-protect-the-heart-by-controlling-inflammation-2655758801.html 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/eating-time_884363.htm#query=intemitten%20fasting&position=3&from_view=search&track=ais&uuid=81e0a2d4-73b0-4637-9f05-f9a35f2de26e