Penyakit Jantung Rematik, Mengerikan Namun dapat dicegah

Penyakit Jantung Rematik, Mengerikan Namun dapat dicegah

 

Penulis : dr. Siska Solina

 

Sebelum kita membahas bagaimana pencegahan penyakit jantung rematik, kita harus ketahui terlebih dahulu aa itu penyakit jantung rematik. Penyakit jantung rematik dimulai sebagai sakit tenggorokan dari bakteri yang disebut Streptococcus pyogenes (streptokokus grup A) yang dapat menular dengan mudah dari orang ke orang dengan cara yang sama seperti infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Infeksi streptokokus ini sering terjadi pada anak-anak. Pada beberapa orang, infeksi streptokokus berulang menyebabkan sistem kekebalan bereaksi terhadap jaringan tubuh termasuk peradangan dan jaringan parut pada katup jantung. Inilah yang disebut sebagai demam rematik. Penyakit jantung rematik kemudian disebabkan oleh peradangan dan jaringan parut pada katup jantung yang disebabkan oleh demam rematik. Lalu apa tanda dan gejala penyakit rematik tersebut? Pada tahap demam rematik, pasien dapat merasakan  demam, nyeri sendi terutama lutut pergelangan kaki, siku dan pergelangan tangan, rasa sakit yang bergerak di antara sendi yang berbeda, kelelahan, gerakan tubuh tersentak-sentak tak terkendali yang disebut 'chorea', nodul tanpa rasa sakit di bawah kulit dekat persendian dan/atau ruam yang terdiri dari cincin merah muda dengan bagian tengah yang jelas (keduanya jarang terjadi), bising jantung. Gejala kerusakan katup jantung yang berhubungan dengan penyakit jantung rematik mungkin termasuk: nyeri dada atau ketidaknyamanan, sesak napas, pembengkakan perut, tangan atau kaki, kelelahan, detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

Lalu bagaimana penyakit jantung rematik diobati? Sebenarnya tidak ada obat untuk penyakit jantung rematik dan kerusakan pada katup jantung bersifat permanen. Penderita penyakit jantung rematik yang parah akan sering membutuhkan pembedahan untuk mengganti atau memperbaiki katup jantung yang rusak. Tergantung pada tingkat keparahan penyakit, obat mungkin juga diperlukan untuk mengobati gejala gagal jantung atau kelainan irama jantung. Obat-obatan yang mengencerkan darah untuk mengurangi risiko pembekuan darah mungkin juga diperlukan. Dalam kasus penyakit serius, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung. Namun penyakit ini dapat dicegah. Karena penyakit jantung rematik dikarenakan oleh demam rematik, maka strategi penting adalah untuk mencegah demam rematik terjadi. Pengobatan radang tenggorokan dengan antibiotik yang tepat akan mencegah demam rematik.

Setelah pasien diidentifikasi menderita demam rematik, penting untuk mencegah infeksi streptokokus tambahan karena hal ini dapat menyebabkan episode demam rematik lebih lanjut dan kerusakan tambahan pada katup jantung. Strategi untuk mencegah infeksi streptokokus tambahan adalah dengan mengobati pasien dengan antibiotik dalam jangka waktu yang lama. Pengobatan antibiotik yang paling efektif dalam mencegah infeksi lebih lanjut adalah benzatin penisilin G, yang diberikan melalui injeksi intramuskular setiap 3-4 minggu selama bertahun-tahun.

Begitulah penjelasan singkat mengenai pencegahan penyakit jantung rematik . Semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan anda selama ini.

Salam hangat.

Sumber : Rheumatic Heart Disease, WHO, 2022

Sumber gambar: freepik.com