Pentingnya Menjaga Kondisi Tubuh Usai Operasi Jantung

Pentingnya Menjaga Kondisi Tubuh Usai Operasi Jantung

 

Penulis: dr. Aprilia Aqmarina Indah

 

Tindakan operasi jantung yang diakukan oleh pasien merupakan salah satu jenis operasi besar, oleh karena itu sangat penting untuk kita mengetahui perawatan apa yang harus dilakukan agar dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat usai menjalani prosedur. Proses pemulihan atau rehabilitasi kondisi tubuh pada pasien yang menjalani operasi jantung memerlukan waktu 6 – 8 minggu, namun hal ini juga dapat berbeda pada masing – masing pasien.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pemulihan pasien sesudah operasi jantung, diantaranya :

1.      Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Para pasien post operasi tidak disarankan untuk tidak menggunakan pakaian ketat karena dapat menekan dan bergesekan dengan luka sayatan operasi sehingga ditakutkan dapat memperlambat proses penyembuhan luka.

2.      Jangan mandi dengan cara berendam

Berendam diduga dapat memperlambat proses penyembuhan karena risiko infeksi pada bekas luka sayatan menjadi lebih tinggi.

3.      Istirahat yang cukup

Efek yang mungkin didapatkan pada pasca operasi jantung adalah menjadi sulit tidur dengan nyenyak dikarenakan adanya rasa nyeri pada area luka operasi. Hal ini kita harus siasati agar tetap dapat istirahat dengan cukup diantaranya dengan konsumsi obat untuk penghilang rasa sakit 30 menit sebelum tidur, dan dapat pula melakukan kegiatan yang menenangkan agar tidak terlalu merasakan rasa nyeri.

4.      Jangan mengendarai kendaraan bermoto

Jangan mengendarai motor pada 1,5 bulan sampai 2 bulan pasca operasi dikarenakan sering kali obat – obatan yang digunakan bisa saja menganggu konsentrasi dan menyebabkan kantuk

 

5.      Konsumsi makanan yang tinggi nutris

Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dan vitamin untuk mempercepat penyembuhan luka operasi

6.      Jangan bekerja terlalu berat

Pasca operasi, sangat penting untuk tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat selama 2 -3  bulan pertama, hal ini karena tubuh memerlukan penyesuaian terhadap fungsi jantung.

 

Sumber :

Don, L., Nadim, J., & Jeff, J. (2019). Simple Effective Ways to Care for Skin Wound and Incisions. International Open Access Journal of the American Society of Plastic Surgeons, doi:10.1097/GOX.0000000000002471.

Hill, et al. (2018). Current Evidence about Nutrition Support in Cardiac Surgery Patients-What Do We Know?. Nutrients, doi:10.3390/nu10050597.

National Health Services UK (2019). Health A to Z. Coronary Artery Bypass Graft.

National Heart, Lung, and Blood Institute (2020). Heart Surgery.
National Institute of Health (2020). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Heart Bypass Surgery – Discharged.

 

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/self-care-health-concept_7775312.htm#query=stay%20healthy&position=5&from_view=search&track=ais