Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Mengubah Gaya Hidup

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Mengubah Gaya Hidup

Penulis: dr. Shandy Steward Narpati

 

Kesehatan jantung adalah hal yang seringkali dilupakan. Kesibukan kita sehari hari terkadang tidak memperbolehkan kita untuk melunagkan waktu untuk memikirkan tentang kesehatan tubuh sendiri. Padahal, kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting demi memiliki hidup yang panjang dan produktif. Namun jangan khawatir, banyak hal-hal yang dapat anda lakukan demi menjaga ataupun memperbaiki lesehatan jantung anda dengan beberapa cara berikut:

 

1.    Berhenti merokok

Ya, merokok adalah hal yang pasti sudah anda ketahui buruk bagi kesehatan. Tidak hanya kesehatan jantung, namun rokok dapat merusak seluruh organ dalam badan anda. Tahukah anda bahwa sebuah rokok memiliki lebih dari 7000 bahan kimia? Lebih dari 70 bahan kimia tersebut dapat juga menyebabkan kanker. Hayo, apakah anda masih ingin lanjut merokok?

2.    Ubah pola makan

Makanan juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan. Obesitas, diabetes atau kencing manis, juga darah tinggi adalah faktor faktor utama yang berkontribusi terhadap keburukan jantung anda. Makanan seperti pemanis buatan, goring-gorengan dan berminyak, serta makanan yang mengandung banyak garam perlu dihindari. Zaman sekarang orang terkadang tidak sempat juga untuk memikirkan makanan yang sehat, melainkan hanya memakan makanan yang mudah di akses, yaitu makanan cepat saji. Akan tetapi, makanan cepat saji tersebut mengandung banyak sekali kalori dan bahan bahan lain yang dapat membahayakan tubuh. Lebih baik konsumsi makanan tersebut dikurangi sebisanya.

3.    Olahraga yang cukup

Aktifitas fisik sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran. WHO merekomendasikan aktifitas olahraga moderat selama 5 hari dalam satu minggu, yang lama nya 30-60 menit setiap sesinya. Zaman pandemic seperti ini seprertinya sulit untuk berolahraga, namun jangan jadikan itu alasan untuk tidak beraktifitas fisik! Banyak olahraga yang dapat dilakukan dirumah tanpa menggunakan alat bantu apapun. Ada baiknya kegiatan tersebut dicoba untuk dilakukan, siapa tahu anda menjadi lebih nyaman dirumah.

4.    Istirahat yang cukup

Nah, yang satu ini paling sering juga terlupakan. Dengan segala kesibukan kita setiap hari, pasti anda berpikir, dimana anda dapat tidur cukup setiap malam? Relaksasi bisa dilakukan kapan saja, bahkan walau anda sedang bekerja. Jika anda banyak duduk dan mengetik atau ber-zoom sepanjang hari, cobalah cari posisi duduk yang lebih ergonomis dan tidak membebankan punggung anda. Pasti anda akan teras lebih nyaman dan rileks. Setelah zoom tersebut, istirahat sebentar dengan cara berdiri dan jalan-jalan sedikit, sambil melakukan stretching tangan dan pinggang. Dijamin anda akan merasa tubuh anda lebih lentur dan tidak stress. Hal ini penting, karena stress dapat memicu banyak sekali kondisi yang tidak diinginkan seperti darah tinggi, jantung berdebar-debar, serta berkurangnya kualitas hidup anda.

 

Jadi, marilah kita memperhatikan keempat hal tersebut demi menjaga kesehatan jantung dan tubuh kita. Diri anda yang di masa depan pasti akan berterima kasih karena sudah menjaga kesehatan jantung anda!