Bahaya di balik All You Can Eat

Bahaya di balik All You Can Eat

Penulis: dr. Revan Satrio

 

“Belakangan ini kita sering menjumpai sebuah fenomena strategi pemasaran dalam dunia kuliner, ya all you can eat. Banyak sekali restoran yang mengusung menu dengan all you can eat, baik restoran baru maupun yang lama, muali dari yang murah harga kalki lima hingga yang nahal dengan harga hotel bintang lima. Pelanggan hanya cukup membayar satu kali untuk diperbolehkan makn sepuasnya makanan yang tersedia dalam batas waktu yang ditentukan. Salah satu jenis makanan yang paling banyak diusung adalah daginging panggang khas Korea dan Jepang. Daging iris tipis yang dipanggang sebentar dimakan dengan saus gurih menjadi primadona masyarakat. Tahukah anda ada bahaya yang mengintai dari all you can eat ini?

            Rasanya yang nikmat dan tantangan waktu membuat pelanggan biasanya tidak mau rugi dengan memakan dagingn sebanyak banyaknya sehingga secara tidak sadar sangat banyak memakan daging panggang tersebut. Tingginya kadar garam yang digunakan untuk marinasi daging ditambah dengan garam dalam saus celupan daging tersebut berpotensi melebihi kadar garam harian yang dibutuhkan tubuh manusia. Konsumsi garam harian tubuh rata-rata dibatasi dengan angka 2300mg perhari. Kelebihan kadar dalam aliran darah ini bias menjadi pemicu meningkatnya takanan darah. Belum lagi kadar lemak dalam daging yang di gunakan juga berpotensi mengakibatkan timbulnya sumbatan pada pembuluh darah. Belum selesai sampai disitu makanan penutup yang manis juga biasanya diamakan berlebihan pada all you can eat juga berpotensi sebagai resiko timbulnya penyakit gula darah atau diabetes melitus.

            Hindari makan berlebihan, makanlah secukupnya, makanan dengan tema all you can eat  memang lah enak namun kita teap harus bijak dalam mmengkonsumsi makanan. Batasi konsumsi garam harian, hindari mkanan tinggi lemak dan gula perbanyaklah aktifitas fisik demi menjaga kesehatan jantung anda.

 

Referensi

DASH eating plan. National Heart, Lung, and Blood Institute. https://www.nhlbi.nih.gov/health-topics/dash-eating-plan. Accessed May 6, 2021.

How much sodium should I eat per day? American Heart Association. https://www.heart.org/en/healthy-living/healthy-eating/eat-smart/sodium/how-much-sodium-should-i-eat-per-day. Accessed May 11, 2019.

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/hand-drawn-person-eating-illustration_20786598.htm#query=all%20you%20can%20eat&position=3&from_view=search&track=ais