Almond dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

Almond dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan Jantung

 

Penulis: dr. Chrisna Agustyani Haryanto

 

Apakah kamu termasuk salah satu penggemar kacang Almond? Kacang almond merupakan kacang kedua terbanyak dikonsumsi di seluruh dunia setelah kacang tanah dimana 1,19 juta ton dikonsumsi pada tahun 2018, jumlah yang banyak sekali bukan? Bagaimana tidak, almond memiliki rasa yang gurih, creamy serta dapat dijadikan berbagai olahan lain seperti susu almond atau dipadupadankan dengan olahan pangan lain seperti coklat, roti dan sebagainya. Selain rasanya yang enak, ternyata almond juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan jantung, lho! Yuk kita intip apa saja manfaat dari kacang ini :

1.    Kaya akan asam lemak tak jenuh

Almond mengandung banyak lemak, namun merupakan “lemak sehat” yakni sejumlah asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda, yang dapat menurukan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Berdasarkan sebuah studi oleh Kalita, dkk (2018) yang dilakukan di India didapatkan kesimpulan bahwa menambahkan satu porsi almond sebanyak 45 gram ke dalam diet harian dapat membantu menurunkan lemak di perut yang merupakan salah satu faktor penyebab sindrom metabolik dan penyakit jantung iskemik. Asam lemak tak jenuh juga tidak hanya baik untuk jantung namun juga dapat meningkatkan kadar hormon serotonin pada siang hari yang dapat membantu untuk tidur lebih baik di malam hari.

2.    Tinggi vitamin E

Vitamin E dapat membantu mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan  tubuh. Beberapa studi juga mendapatkan konsumsi vitamin E yang lebih tinggi berhubungan dengan menurunnya penyakit jantung, kanker dan Alzheimer.

3.    Sumber serat yang baik

Kandungan serat yang cukup tinggi dapat membantu membuat tubuh merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kacang minimal dua kali dalam seminggu berpotensi lebih rendah bertambah berat badan dibanding orang yang tidak mengonsumsi kacang dalam dietnya. Ini sangat bermanfaat pada pasien diabetes melitus, karena dapat menjaga kadar gula darah lebih stabil yang akan menurunkan risiko lonjakan kadar gula darah. Penyakit diabetes sendiri akan meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung atau stroke sebanyak dua kali lipat. 

4.      Kaya akan magnesium

Satu ounce (sekitar 28 gram) almond mengandung 80mg magnesium atau sekitar 20% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Magnesium membantu tubuh mepertahankan kadar mineral lain seperti kalsium, kalium dan zink yang sangat diperlukan oleh jantung, otot dan ginjal untuk dapat bekerja dengan baik. Mineral ini juga membantu pembentukan tulang dan gigi, lho!

5.     Tinggi protein

Almond dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, karena mereka tinggi akan protein. Almond juga merupakan salah satu alternatif sumber protein yang lebih baik daripada daging-dagingan karena memiliki kadar lemak jenuh yang lebih rendah. Kebalikan dari lemak tak jenuh, lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol “jahat” LDL-C yang merupakan salah satu risiko penyakit jantung

6.    Sumber mineral lain seperti kalsium, tembaga, zat besi, fosfor, kalium, zink, mangan, thiamine, riboflavin dan niasin yang diperlukan oleh tubuh

Lalu, berapa jumlah yang tepat untuk kita konsumsi, karena sesuatu yang berlebihan tentu juga tidak baik ya teman. Berdasarkan rekomendasi dari beberapa studi, satu porsi saji almond yang disarankan yaitu 1-1,5 ounce atau setara 28-45 gram, dimana 1 ounce terdiri dari sekitar 23 buah almond. Selain itu, olahan yang disarankan adalah unsalted atau unsweetened almond, karena penambahan garam dan pemanis berlebih juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Nah, bagaimana teman, sungguh sangat menakjubkan bukan manfaat dari kacang almond nan nikmat ini? Jadi jangan ragu untuk menambahkan kacang almond sebagai pilihan dalam menu dietmu untuk jantung yang sehat, ya!

 

Referensi :

Kalita S, Khandelwal S, Madan J, Pandya H, Sesikeran B, Krishnaswamy K. Almonds and Cardiovascular Health: A Review. Nutrients. 2018 Apr 11;10(4):468. doi: 10.3390/nu10040468.

Wang, J., Lee Bravatti, M.A., Johnson, E.J. et al. Daily almond consumption in cardiovascular disease prevention via LDL-C change in the U.S. population: a cost-effectiveness analysis. BMC Public Health 20, 558 (2020). https://doi.org/10.1186/s12889-020-08642-4

https://health.clevelandclinic.org/how-almonds-can-improve-your-heart-health. (Accessed 3 Januari 2023)

https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds. (Accessed 3 Januari 2023)

Sumber: canva.com