Kompetisi Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Tingkat Nasional

Kompetisi Advanced Cardiac Life Support (ACLS) Tingkat Nasional

Dalam rangka ulang Tahun ke 34, Rumah Sakit Jantung Dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) menyelenggarakan perlombaan The 1st National ACLS Challenge di auditorium Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang berlangsung dari tanggal 15-17 Oktober 2019.

ACLS atau Advanced Cardiac Life Support (ACLS) merupakan pengetahuan dan ketrampilan tentang penanganan kasus-kasus kegawatdaruratan kardiovaskuler. Pelatihan ini diperuntukkan bagi dokter umum, dokter spesialis jantung, atau spesialis lainnya, serta perawat yang bekerja di bangsal / ruang rawat inap, IGD, ICU dan Cardiovascular Unit.

Dalam kata sambutannya Dr. dr. Iwan Dakota, Sp.J.P (K), menjelaskan bahwa kompetisi ACLS bertujuan untuk merefresh kembali pengetahuan mengenai ACLS itu sendiri.  Diharapkan kedepannya kemampuan dan skill ACLS terasah kembali.  Masih menurut beliau dalam wawancaranya dengan beberapa media, selain ACLS, pegawai umum juga mendapatkan pelatihan, namun dalam bentuk yang sederhana yaitu Basic Cardiac Life Support (BCLS).  “Tidak hanya Pegawai, namun Petugas Cleaning Service dan Sekuriti juga mendapat pelatihan ini”, jelas beliau.

Lomba yang berlangsung selama tiga  hari diikuti oleh 79 peserta dari seluruh Indonesia.  Pemenang pertama dari Tim ini berasal dari RUSD Pasar Rebo,  diikuti oleh RS. Eka Hospital BSD, RS. Bina Waluya, RS. Pusat Pertamina dan RSUD Ciawi.  Selamat untuk para pemenang.  Karena Keselamatan Pasien adalah Yang Utama.  (RR/Hukormas).