Internalisasi Revolusi Mental Bidang kesehatan, Tim AOC RSJPDHK Terima Pembekalan

Internalisasi Revolusi Mental Bidang kesehatan, Tim AOC RSJPDHK Terima Pembekalan

Tim Agent of Change (AOC) Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) yang dibentuk sejak tahun 2018 silam, pekan lalu mendapatkan penyegaran berupa Pembekalan dan Pembinaan dari Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI. Tidak tanggung-tanggung, Tim yang berjumlah tidak kurang dari 50 orang ini mendapatkan materi yang disampaikan sangat luar biasa oleh narasumber dari multi Instansi, diantaranya dari Tim Ahli Administrasi Publik Kementerian Dalam Negeri RI, Pusat Inovasi Manajemen Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administrasi Negara, serta dari Pusat Analisis Determinan Kesehatan sendiri.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 28-29 Agustus 2019 ini, memberikan semangat baru bagi para Tim AOC. Internalisasi nilai dan semangat budaya perubahan yang digaungkan tentu menjadi harapan bagi Pemerintah, khususnya RSJPDHK di bawah binaan Kementerian Kesehatan RI dalam mendukung Nawacita, salah satunya yaitu Gerakan Revolusi Mental. Terlebih tim merupakan pribadi pilihan, yang dibentuk melalui hasil seleksi Eksekutif Brain Assesment (EBA), dengan penentuan berdasarkan analisis intelijensi peserta. Sehingga diharapkan tim dapat berprilaku serta menularkan prilaku positif kepada lingkungan sekitarnya.

Di Ruang Auditorium Gedung Utama RSJPDHK, tempat dimana acara tersebut berlangsung, Dr. dr. Basuni Radi, SpJP(K) selaku Direktur Umum dan SDM RSJPDHK telah lebih dulu menyampaikan gambaran umum mengenai kondisi rumah sakit saat ini, termasuk harapan-harapan kedepan. Beliau tentu sangat mengharapkan Tim AOC dapat berkontribusi aktif dalam mewujudkan impian tersebut.

Pembekalan mengenai budaya kerja, integritas, gotong royong dan lain sebagainya diharapkan tidak hanya teori belaka. Seperti yang dikatakan Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Pretty Multihartina, Ph.D, bahwa setiap manusia memiliki kesempatan untuk berubah. Langkah utama untuk merealisasikannya adalah dengan mengenal potensi diri. Berbagai macam potensi diri inilah yang kemudian akan membantu kita untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berbagai hal, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dan kendala yang kita temui di dalam kehidupan.  Begitu pentingnya untuk memiliki potensi diri yang maksimal di dalam hidup ini, agar semua bisa berjalan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Selanjutnya Dr. dr Lia G.Partakusuma, Sp.PK(K), MARS selaku Plh. Direktur Utama RSJPDHK dalam penutupannya menyampaikan bahwa, diharapkan kedepan setiap bulan akan diadakan "Pojok Kreatif" dimana dalam acara tersebut para tim dapat mengeluarkan ide-ide kreatifnya untuk disampaikan serta didiskusikan bersama dalam upaya realisasi berkesinambungan, demi perubahan RSJPDHK ke arah yang lebih baik. (NH/Humas)