Ablasi Cryo di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Ablasi Cryo di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

Jakarta, 4 Oktober 2019, Divisi Intervensi Non Bedah Aritmia, Rumah Sakit jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, pada hari ini melaksanakan tindakan Ablasi Cryo.

Apakah Ablasi Cryo? Ablasi Cryo atau Cryoablation merupakan tindakan ablasi dengan menggunakan energi dingin. Tindakan ini dilakukan pada pasien dengan Atrial Fibrilation  (AF) atau pasien dengan irama jantung yang tidak normal.

Menurut Kepala Kelompok Staf Medik Aritmia, dr. Sunu Budi Raharjo, Sp.J.P(K), Ph.D,  ablasi yang dilakukan saat ini merupakan tindakan pertama yang dilakukan di Indonesia. Masih menurut penjelasan beliau, dengan Ablasi Cryo durasi tindakan yang dilakukan juga lebih cepat dibandingkan dengan ablasi konvensional, dimana dengan ablasi cryo memakan waktu 2 jam dan ablasi konvensional membutuhkan waktu dua kali lipat bahkan lebih.  Dengan durasi yang lebih cepat pasien tentu akan merasa lebih nyaman, disamping itu tingkat keberhasilan tindakan dengan Ablasi Cryo  lebih baik dibandingkan dengan ablasi konvensional.


Tindakan Ablasi Cryo yang  yang dipandu  oleh Proctor Prof. Yenn-Jiang Lin, MD, Ph.D. dari Taiwan, melibatkan Tim Medis serta Paramedis menangani empat kasus yang semuanya ditangani dengan Ablasi Cryo.

Selamat untuk seluruh Tim Divisi Intervensi Non Bedah Aritmia atas keberhasilannya dalam pelaksanaan Ablasi Cryo serta sukses selalu untuk Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita. (RR/Hukormas)