Tiada Kata Gagal untuk (Gagal) Jantung Anda!

Tiada Kata Gagal untuk (Gagal) Jantung Anda!

Oleh : dr. Eka Adip Pradipta

 

Anda divonis gagal jantung oleh dokter? Anda merasa bahwa Anda tidak mampu jalani hidup seperti sediakala? Jangan berkecil hati karena sesungguhnya gagal jantung bukanlah akhir segalanya!

 

Penyakit yang satu ini memang momok bagi hampir seluruh manusia di seluruh dunia. Pasalnya jantung memang akan mengalami penurunan kemampuan seiring bertambahnya usia. Ditambah dengan semakin maraknya berbagai penyakit jantung di seluruh dunia, gagal jantung yang merupakan muara dari berbagai penyakit jantung tentu semakin merajarela.

 

Mencegah lebih baik daripada mengobati mungkin memang suatu keniscayaan. Namun, apa yang dapat kita lakukan jika sudah terbelit dengan penyakit yang satu ini?

 

Pada gagal jantung ringan atau sedang, gaya hidup dapat menjadi perbedaan antara hidup normal di rumah dan dirawat di rumah sakit. Oleh karena itu, mari simak 5 kebiasaan sederhana berikut ini!

 

1, Teratur minum obat

Obat merupakan teman setia dari gagal jantung. Minum obat rutin setiap harinya bukan berarti 'ketergantungan obat'. Justru obat ini yang akan menjaga kesehatan jantung Anda dan mungkin membuatnya prima kembali. Selalu konsumsi obat secara teratur dan tanyakan pada dokter Anda jika ada keluhan setelah minum obat.

 

2. Catatan 'air' harian

Jantung yang lemah kerap membuat tubuh Anda menyimpan cairan lebih banyak. Bengkak pada kaki dan perut merupakan salah satu tanda tubuh Anda menyimpan banyak cairan. Pantau jumlah cairan pada tubuh Anda dengan mengukur berat badan, jumlah cairan yang diminum dan buang air kecil (BAK) Anda. Buat catatan harian jika perlu. Jika jumlah BAK Anda menurun dan berat badan meningkat, maka sebaiknya hubungi dokter Anda untuk menyesuaikan dosis obat yang Anda minum.

 

3. Diet rendah garam dan lemak

Sedih memang mendengar anjuran yang satu ini. Masih rindu akan nikmatnya sate kambing yang gurih atau soto campur Betawi? Nikmatilah secara terukur atau lebih baik hindari. Tips untuk Anda pecinta garam, masaklah tanpa menggunakan garam. Lalu sediakan 'jatah' garam Anda dalam sehari di meja makan Anda. Dengan begitu, Anda mungkin dapat menambahkan garam pada makanan Anda tanpa melewati takaran harian Anda.

 

4. Ingat ISO

Istirahat, Stres, Olahraga atau disingkat ISO, merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dikuasai oleh Anda jika ingin mengatasi jantung Anda. Olahraga yang tidak terlampau berat namun rutin akan sangat bermanfaat untuk jantung Anda. Cukupkan istirahat dan hindari stres adalah resep untuk umur panjang.

 

5. Hindari RAK

Bukan, ini bukan rak sepatu atau buku. RAK adalah kepanjangan dari Rokok, Alkohol, dan Kopi atau Kafein. Ketiga hal tersebut dapat memacu jantung Anda untuk berdetak lebih cepat. Detak jantung yang cepat akan membuat jantung Anda cepat lelah dan memiliki usia yang lebih pendek. Hindari ketiga hal tersebut untuk jantung yang lebih sehat!

 

Gagal jantung mungkin memang terkesan menakutkan. Namun, hidup dengan rasa takut dan khawatir tidak akan membuat segalanya lebih baik. Tetap positif, tetap semangat dan jalani gaya hidup sehat!

 

Keywords: Gagal Jantung, Gaya Hidup, Garam,

 

Referensi: AHA. 2012