Parental Advisory Program: Sebuah Usaha untuk Memperkenalkan Covid19 pada Anak

Parental Advisory Program:  Sebuah Usaha untuk Memperkenalkan Covid19 pada Anak

Penulis: Ns. Walidatul Laili Mardliyah, S.Kep

 

Pandemi Corona Virus Disease COVID-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemi yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Penyebaran Covid-19 ini sangat cepat menyebar luas. Semakin hari, angka terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat dan telah menelan banyak korban jiwa. Infeksi koronavirus bisa mengenai siapa saja, tidak mengenal usia, baik itu kelompok anak, remaja, dewasa, maupun lansia.

Selama ini, target edukasi pencegahan Covid-19 lebih banyak difokuskan pada orang dewasa. Sementara pada anak, masih jarang dilakukan kecuali oleh orang tua mereka sendiri. Hal ini dikarenakan anak-anak lebih sulit memahami informasi umum dibanding orang dewasa, perlu trik dan cara khusus untuk meningkatkan kepatuhan dalam pencegahan   Covid-19.

Orang tua mempunyai peranan penting dalam memperkenalkan Covid-19 pada anak. Dalam hal ini, Parental Advisory Program bisa menjadi solusi untuk  memperkenalkan Covid-19 pada anak. Parental Advisory Program adalah program bimbingan yang bisa dilakukan orang tua terhadap anak-anaknya selama di rumah. Adapun program ini terdiri dari:

1.      Progam peningkatan pengetahuan tentang bahaya Covid-19 dan tanda gejala yang menyertai

Orang tua mempunyai kewajiban untuk memberi tahu tentang fenomena koronavirus pada anak. Hal ini bisa dilakukan dengan bantuan media baik itu gambar atau video yang bisa diakses dari internet. Anak juga harus diberitahu tentang bahaya dari Covid-19 serta tanda gejalanya, seperti; demam, batuk, kehilangan kemampuan indera penciuman maupun perasa, dan lain-lain.

 

2.      Program peningkatan kemampuan untuk mencegah penyebaran Covid19

Dalam hal ini, orang tua dapat mengajarkan cara untuk mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya; cara memakai masker yang benar, mencuci tangan, maupun menjaga jarak satu sama lain. Hal ini bukan hal mudah bagi anak, tapi dengan kreativitas dan kesabaran orang tua, anak pasti akan terbiasa dengan hal tersebut. Selain itu, orang tua juga bisa memodifikasi cara mengajarkan cara mencuci tangan dengan menggunakan lagu agar mudah diingat dan masih banyak lagi kreativitas yang bisa dibuat oleh orang tua.

Program perwujudan lingkungan sehat dan menyenangkan di rumah

a.      Parenting model

Orang tua adalah role model yang paling berpengaruh untuk anak. Anak-anak akan lebih mudah untuk melakukan sesuatu jika orang tuanya memberi contoh dalam memakai masker yang benar, mencuci tangan, maupun menjaga jarak.

b.      Policy making; reward and punishment

Orang tua bisa memberikan penghargaan untuk anak-anaknya yang patuh dalam perilaku pencegahan Covid19. Begitu pun sebaliknya, bila anak-anak melanggar, orang tua bisa memberi peringatan yang ringan untuk meningkatkan kepatuhan anak.

c.       Permainan yang seru dan menyenangkan selama di rumah

Selama pandemi, masyarakat dianjurkan untuk aktivitas di rumah saja. Anak-anak juga diberi pengertian agar bisa menolak secara halus apabila diajak temannya main di luar. Hal ini tentunya sangat membosankan bagi anak. Modifikasi permainan yang seru dan menyenangkan menjadi alternatif yang jitu agar anak betah di rumah. Ini menjadi tantangan bagi orang tua untuk terus mengembangan kreativitas dalam menciptakan lingkungan tempat bermain yang menarik bagi anak.

d.      Olahraga dan menyediakan makanan yang bergizi

Kesehatan yang prima juga dipengaruhi oleh gizi dari makanan yang yang dikonsumsi. Olahraga dan makanan yang bergizi bagi anggota keluarga merupakan upaya untuk menjaga stamina tetap prima.

e.       Menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat

Aktivitas di rumah saja bisa dimanfaatkan dengan kerja bakti berbagi tugas untuk membersihkan rumah. Jika ada anggota yang harus keluar rumah, maka setelah dari luar orang tersebut diharapkan tidak langsung bercengkerama dengan keluarga. Hal yang harus dilakukan adalah melepas alas kaki di luar, membuang barang yang tidak berguna, mandi dan ganti baju, baru setelah itu boleh beraktivitas dengan anggota keluarga lainnya. Pastikan koronavirus tidak dibawa masuk ke dalam rumah demi menjaga kesehatan keluarga.

Program ini mudah-mudahan bisa membantu para orang tua untuk membantu anak-anaknya agar bersama-sama bisa melawan Covid-19 sehingga bisa membantu menurunkan angka kejadian Covid-19 di Indonesia. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.