Ikan untuk Jantung yang Sehat

Ikan untuk Jantung yang Sehat

Penulis: dr. Juweni Joe, Sp.GK

Tubuh ikan terdiri dari  4 bagian utama yaitu kepala,badan, ekor dan sirip. Komposisi tubuh ikan  terdiri dari 70% air, 10-20% protein, lemak, mineral, dan vitamin. Per 100 gram ikan berlemak (Fatty Fish) seperti salmon mengandung 160 kalori sedangkan Ikan tidak berlemak mengandung 70 kalori per 100 gram.  Ikan memiliki otot yang terdiri dari lapisan serat otot pendek dan dipisahkan  oleh jaringan ikat halus dan tulang punggung. Jaringan ikat ini lemah karena kolagen pada jaringan tersebut memiliki sedikit asam amino, hal ini membuat waktu pemasakan ikan harus lebih singkat dibandingkan daging  dengan kolagen yang kokoh.

Ikan tersedia dalam berbagai bentuk ,ukuran dan warna, namun ada beberapa kesamaan yaitu ikan harus dalam keadaan segar. Ciri-ciri  ikan segar:

1.Penampakannya mengkilap,cemerlang, sisik nya kokoh teratur.

2.Mata cerah, cembung, mengkilat mengisi seluruh rongga mata. Mata yang cekung adalah tanda pembusukan.

3. Insang berwarna cerah, lembab,dan berisi darah, tidak kering.

4.Dinding perut kokoh dan utuh, dubur tertutup rapat

5.Daging kenyal , tidak cekung  saat ditekan.

6.Bau “bersih” dan “segar” tidak boleh berbau amis  karena ini menunjukan bahwa ikan tersebut  “tidak baru “

 

Ada beberapa macam ikan yang tersedia di pasar, antara lain:

-          Ikan hasil budidaya

-          Ikan beku

-          Ikan hasil tangkapan

 

Ikan beku

Istilah ini menunjukan bahwa ikan tersebut dibekukan setelah ditangkap . Hindari ikan beku yang mengandung “Kristal es”  artinya ikan tersebut sudah terlalu lama disimpan atau sudah pernah dicairkan dan dibekukan kembali.

 

Perlu perhatian  untuk ikan salmon, ada yang ditambahkan pewarna astaxanthin ini adalah zat pewarna organik, berwarna merah oranye, zat pewarna ini aman dikonsumsi.