Menu Content/Inhalt
Profil arrow Jantung Anak arrow Perkiraan biaya operasi jantung bocor

Utama

Profil
Beranda

Statistic Counter

1,442,089Visitors:
472Visitors today:
848Visitors yesterday:
475.99Visitors per day: Ø
11,299,588Page views:
2,472Page views today:
3,997Page views yesterday:
3,729.67Page views per day: Ø
7.84Page views per visitor: Ø
4,600Page views this page:
1Your own page views:
0%JavaScript enabled:
max.
320Max. online:
2008-07-21, 06:12:11at (date):
1,566Max. visitors per day:
2008-11-17at (date):
24,099Max. page views per day:
2011-09-09at (date):
 
© 2006 mob-i-co
Perkiraan biaya operasi jantung bocor PDF Print E-mail
Written by Irfan Arief   
Thursday, 25 October 2007
Ass. wr. wb,
 
Dokter yang terhormat. Saya mempunyai tetangga yang pada bulan Juni 2005 lalu melahirkan seorang bayi yang tidak normal fisiknya. Keadaan bayi tesebut sekarang sedang mengalami kebocoran pada jantungnya. Yang ingin saya tanyakan apa memang diperlukan operasi (karena menurut sepengetahuan saya bahwa kasus jantung bocor pada bayi dapat sembuh dengan sendirinya asal ditunjang dengan gizi yang baik) dan apabila memang benar harus segera dioperasi berapa biaya yang kira-kira dibutuhkan mengingat tetangga saya berdomisili di Solo.
 
Sekian pertanyaan saya atas jawaban dan perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
 
Wassalam,
Ika
 
Jawaban:

Ibu Ika Yth,

Jantung bocor banyak macamnya, yang paling sering VSD dan ASD (bocor sekat). Berikut penjelasan saya tentang kedua kelainan tersebut, yang saya sampaikan pada salah satu pasien; mudah-mudahan membantu ibu. Biaya operasi penutupan VSD berkisar 40 juta rupiah.

Mencermati keterangan anda tentang hasil echo yang anda tulis, saya berkesimpulan bahwa bayi anda menderita penyakit jantung bawaan tidak biru yang disebut VSD (lubang di sekat bilik) yang cukup besar dan ASD kecil/PFO yang teregang di sekat serambi.

Inilah jawaban saya atas pertanyaan anda:

  1. perbedaan hasil pemeriksaan mungkin disebabkan sensitivitas alat, atau kondisi bayi baru lahir dimana tahanan paru masih tinggi sehingga tak terlihat aliran yang jelas melewati lubang VSD.
  2. VSD dan ASD kecil/PFO teregang memang bisa menutup sendiri. Proses ini berlangsung lambat, bisa sampai usia 7 tahun, tetapi sesudah usia 4-5 tahun kemungkinan menutup sendiri kecil sekali. Jadi biasanya tidak buru-buru dioperasi, kecuali ada keluhan: sesak, sulit minum sehingga berat badan sulit  bertambah, sering sakit infeksi paru/batuk panas berulang, maka operasi penutupan lubang ini harus segera dilaksanakan. Keluhan ini biasanya timbul pada VSD yang besar dan setelah usia 3 bulan, yakni ketika paru-paru sudah berfungsi sempurna dan tahanan pembuluh darah paru turun mencapai kondisi normal.
  3. Mengenai waktu operasi, harus diputuskan kasus per kasus. Kalau terjadi keluhan yang saya sebut diatas, maka perlu segera dioperasi, meskipun masih bayi. Tapi kalau tak ada keluhan, dan dalam observasi ada kecenderungan menutup, maka bisa ditunggu. Biasanya ketika anak mau masuk sekolah (usia 5-6 tahun) dokter akan memutuskan apakah nantinya perlu operasi atau tidak. Operasi VSD/ASD termasuk operasi yang sering dilakukan di rumah sakit kami dan jarang sekali gagal. Yang gagal biasanya kalau sudah berat (ada komplikasi tekanan pembuluh darah paru tinggi akibat kekakuan pembuluh darah ini/pada VSD besar yang terlambat dioperasi, atau disertai infeksi berat dengan gizi yang buruk). Penutupan tanpa operasi (dengan metode kateterisasi = AVO) memang dilakukan di beberapa rumah sakit di luar negeri. Tetapi belakangan ternyata katanya bisa mengakibatkan block sistem hantaran listrik jantung, sehingga kurang disukai.
  4. Penyebab penyakit jantung bawaan sebagain besar tak jelas, tetapi ada juga yang terjadi pada ibu-ibu hamil yang mengalami gangguan : pendarahan, minum obat/jamu tertentu, sakit campak German dll., khususnya gangguan pada kehamilan 3 bulan pertama (fase proses pembentukan jantung).
  5. Tak ada obat atau makanan khusus yang bisa mempercepat penutupan lubang tersebut, yang penting rawatlah anak anda sesempurna mungkin, beri makanan bergizi sesuai usianya.
  6. Yang penting hindari lingkungan yang tak sehat, orang di sekeliling yang sakit flue, radang tenggorokan, agar tak bayi anda tak tertular.
Demikianlah jawaban yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.
 
Wassalam,
Dr. Anna Ulfah Rahayoe, SpJP
 
< Prev   Next >

Info Terkini